27 Oktober 2008

BANGKITNYA BANGSA


Oleh: ANDIKA HAZRUMY



Bangsa yang memiliki pemuda berdaya dari sisi intelektual, kompetensi, mental, spiritual, keahlian, maupun kecakapan merupakan sebuah keuntungan bagi bangsa itu sendiri. Dengan segala keberdayaan itu, pemuda akan tampil didepan membawa nama bangsa, memiliki kekuatan membangun warga bangsanya.

Indonesia punya sejarah cemerlang dalam pergerakan kepemudaan yang berdaya itu, sejak masa revolusi kemerdekaan hingga pasca-proklamasi.

Saat ini, penting bagi kita semua kaum muda untuk mengulang sejarah cemerlang di zaman kemerdekaan yang kita nikmati sekarang. Ilmu pengetahuan tak cuma bisa didapat dari sekolah formal, mental dan spiritual yang kuat bisa kita asah dimanapun, keahlian dan kecakapan bisa kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari yang dekat dengan kita. Asal ada kemauan dan nurani yang terasah pula disertai kepekaan sosial yang tinggi.

Seperti sebuah tulisan yang saya baca di media internet, mengatakan, “Dari sejak dulu hingga sekarang, pemuda adalah pilar dari bangkitnya suatu bangsa. Dalam setiap kebangkitan yang terjadi pada suatu bangsa, pemuda merupakan rahasia terdalamnya. Dan dalam rahasia tersebut, yang menjaga dan sekaligus menjadi kekuatannya adalah pemuda itu sendiri. Dimana pemuda merupakan pengibar dari panji-panji bangkitnya suatu bangsa” (tribas, 2008)